Senin, 02 Oktober 2017

Perbedaan gula pasir putih bening dan gula biasa

Perbedaan gula pasir putih bening dan gula biasa



Sebelum saya menjelaskan kedua jenis gula tersebut, maka akan saya jelaskan dahulu apa itu gula.

Yups, gula adalah sari tebu alami yang di proses melalui teknologi pabrik yang bernama proses kristalisasi dimana membutuhkan beberapa waktu untuk proses produksinya. Namun karena teknologi semakin canggih, maka proses pembuatan gula menjadi singkat sehingga dalam satu hari dapat menghasilkan sampai beberapa ton. Terus kenapa kok bentuk gula berbeda ya?

Saya akan menjelaskan dahulu jenis gula yang pertama yaitu gula putih (kristal) atau biasa disebut rafinasi jika dalam mass produksi. Disebut rafinasi karena proses gula jenis ini menggunakan sistem air-steam-centrifugal-penyerapan oleh filter yang khusus terdapat di mesin produksi di pabrik gula. Proses inilah yang memisahkan zat yang bernama molases sehingga bentuk gula yang dihasilkan putih bersih dan bening. Keunggulan lainnya gula jenis rafinasi ini adalah tidak gampang menggumpal, tidak mudah basah, dan rasanya manis natural. Jadi, jika ada rumor bahwa gula rafinasi itu pakai pemutih, abaikan ya guys, itu HOAX lah. Pasti.

Selanjutnya saya akan menjelaskan jenis gula biasa yang berwarna coklat. Kok coklat? enak donk. :D Bukan coklat cadburry pastinya guys! hahaha. Hanya warnanya saja yang coklat atau keruh. Jadi bentuknya berbeda banget dengan yang jenis rafinasi. Gula jenis ini diproduksi dengan sistem yang sama namun karena mungkin teknologi yang digunakan masih minim, jadi dalam prosesnya tidak menyertakan pemisahan zat molases yang terdapat pada sari gula tebu. Jadi warnanya tetap keruh jika dalam bentuk cair, namun jika sudah diproses menjadi butiran-butiran gula, akan terlihat keruh dan asusmsi kita menyatakan warnanya coklat. 

Perbedaan gula pasir putih bening dan gula biasa

Molasesssss... pasti menjadi tersangka utama kasus hari ini ya. Akan segera dijelaskan. Jadi zat molases adalah suatu unsur yang terdapat didalam cairan sari tebu yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar sirup, kecap dan MSG. Zat inilah yang menyebabkan warna gula menjadi coklat atau keruh.

Jadi kesimpulannya, gula rafinasi dan gula kecoklatan sama-sama bagusnya. Yaitu sama-sama manis dan sumber glukosa bagi tubuh. Semuanya bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.Oke trims sudah nyimak guys! Nantikan artikel selanjutnya ya...

Kalian butuh sembako? segera hubungi nomor ini 081217446274 untuk info pemesanan dan pricelist. Dapatkan penawaran special dari kami.

Perbedaan gula pasir putih bening dan gula biasa

0 komentar

Posting Komentar

Jual air minum kemasan segar dan murah Sidoarjo

Jual air minum kemasan segar dan murah Sidoarjo  Assalamualaikum semua... Mohon maaf admin kurang respon akhir-akhir ini ya... Karena...